HIZIB NASHR, Amalan Wirid Abu Hasan Asy-Syadzili
MANAQIB (Biografi Singkat) ABUL HASAN AL SYAZILI
JALUR KETURUNAN.
Beliau adalah
seorang sufi yang mempunyai nama lengkap Abul Hasan Ali bin Abdullah bin Abdul
Jabar yang banyak dikenal orang dengan nama al Syazili, beliau dilahirkan di
Ghammarah Moroko pada tahun 593 H. Sebutan Al Syazili bagi bagi dirinya karena
beliau banyak menempuh kehidupannya untuk memperdalam ilmunya di daerah
Syazili.
KEHIDUPAN AL
SYAZILI.
Abul Hasan Al
Syazili masih mempunyai hubungan keturunan dengan Rasulullah melalui Fatimah al
Zahra, dan dari keturunan yang bagus itu sudah Nampak pada diri Al Syazili
sejak usia muda sampai tua, dengan budi pekerti yang terpuji hidup sederhana
dan suci sepanjang hayatnya.
Pada awal masa kecilnya
beliau sudah dibekali oleh orang tuanya dasar-dasar agama kemudian juga
mendapat bekal pendidikan dari guru kerohaniannya yang bernama Abdul Salam bin
Masyisy seorang ulama’ besar dari Maroko. Setelah dibekali ilmu yang cukup oleh
gurunya lalu beliau dikirim oleh gurunya pergi ke Tunisia dan tinggal di
Syazilia.
Abul Salam Al
Masyisy, memandang ada kelebihan dan keistimewaan yang Nampak pada diri Al
Syazili, sehingga dikirimlah beliau di Tunisia untuk mengembangkan ilmu yang
telah dimiliki. Namun perintah gurunya ini tidak diketahui alasannya, mengapa
mengirim Al Syazili ke Tunisia, tapi sebagai murid yang taat pada gurunya
beliau melaksanakan perintah gurunya yang sangat dicintainya.
Kepergian beliau ke
Syazili ini merupakan awal dari pengembaraannya, karena setelah lama, beliau
tinggal di Syazilia kemudian beliau pindah ke Mesir dan tinggal di Iskadariyah
sampai meninggal dunia.
Ilmu-ilmu yang
dimiliki oleh Syazili banyak diperoleh ketika beliau tinggal di Tunisia, karena
ditempat ini beliau banyak bertemu dengan para ulama’ terkenal dan melakukan
diskusi dengan ilama’-ulama’ yang ditemui. Kedatangan beliau di Syazili ini
mendapat sambutan yang luar biasa dan setiap hari mereka selalu mengerumuni al
Syazili. Untuk menghindari kerumunan penggemarnya, maka beliau ditemani oleh
Syekh Abu Muhammad Abdullah bin Salamah al Habibi untuk mengasingkan diri di
daerah pegunungan yang bernama Zagwan. Dan di daerah ini beliau mengkhususkan
diri dengan beribadah, membersihkan jiwa, menyatukan kehendak dan kemampuan
untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Setelah beliau
berkhalwat dari Gunung Zagwan tersebut, lalu beliau kembali ke tengah-tengah
masyarakat untuk menyampaikan dakwah dan pelajaran. Namun kembalinya al Syazili
ketengah-tengah, masyarakat ini mendapat sambutan yang luar biasa dari para
sufi dan para pejabat pemerintah. Namun dari kalangan pejabat ini beliau banyak
mendapat tantangan karena adanya fitnah dari ulama’ fiqh, namun beliau selalu
terhindar dari kejadian-kejadian yang tidak dikehendaki. Setelah mendapat
tantangan dan fitnah dari ahli fiqh, akhirnya beliau memutuskan untuk pindah ke
Mesir dan menetap di Iskandariyah.
Selama tinggal di
Tunisia, beliau banyak berdiskusi dan berdialog dengan tokoh sufi, seperti
Syekh Abul Hasan Ali Ibnu Makhiuf al Suazli Abu Abdullah al Shabuni Abu
Muhammad Abdul Aziz al Paituni, Abu Abdillah at Binai at rayyah dan Abu
Abdillah al Jarihi.
Disamping beliau
banyak berdialog dengan para ulama’ beliau juga mendirikan majlis pengajian
yang banyak dihadiri oleh para ulama’ diantara para ulama yang hadir dalam
majlis pengajiannya adalah Izzudin bin Abdul Salam, Taqyyudin ibnu Daqiqiid,
Abut Adzim al Munziri, Ibnu Shaleh, Ibnu Hajib, Jamaluddin Usfur, Nabihuddin
bin Auf, Muhyiddin bin Suradah, Ibnu Yasin dan lain-lain
KEISTIMEWAAN AL
SYAZILI.
Sebagai seorang
sufi ada beberapa kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Al Syazili,
diantaranya adalah :
1. Sebagai seorang yang mempunyai jalur
keturunan dengan Rasulullah, ada beberapa titisan warisan yang ada pada diri Al
Syazili, diantaranya kewalian. Syazili sudah Nampak dan diraskan oleh gurunya,
sehingga beliau dikirim ke Tunisia.
2. Beliau pernah bermimpi bertemu Rasulullah dan
diperintah untuk pindah ke Mesir membina 40 orang wali yang sedang menunggu
kedatangannya. Akhirnya mimpi tersebut dilaksanakan dan beliau pindah dari
Tunisia ke Mesir dan tinggal di Iskandariyah.
POKOK-POKOK PIKIRAN
AL SYAZILI.
Ada beberapa pokok
pikiran yang dikembangkan Al Syazili, diantaranya adalah :
1. Seseorang yang ingin mendalami ajaran
Tasawuf, maka harus terlebih dahulu mendalami dan memahami ajaran Syari’ah.
2. Pelajaran tasawuf Al Syazili yang diajarkan
kepada murid-muridnya diambil dari 7 kitab yang penting diantaranya adalah :
a. Kitab Khatam al auliyah karya al Hakim al
Tarmizi, kitab ini banyak menguraikan tentang masalah kewalian (wilayat) dan
kenabian (nubuwwat).
b. Kitab al Mawaqiif Wa al Mukhatabah karya
Syekh Muhammad bin Abdul Jabbat an Niffari. Menurut pengarangnya kitab ini
ditulis berkat pemberian Tuhan tatkala pengarangnya sedang berkhalwat (menyendiri
untuk mendekatkan diri kepada Allah). Dan kitab ini juga menguraikan tentang
kerinduan seorang sufi kepada Tuhannya.
c. Kitab Qutub Qulub karya abu thalib al Makki.
Kitab ini ditulis menurut acuan syara’ dengan uraian-uraian dan
pandangan-pandangan sufi hingga syariat dan hakikat sejalan dan bersatu.
d. Kitab Ihya Ulumuddin karya Imam Al Ghazali.
Kitab ini ditulis dengan memadukan antara syariah dan tasawuf.
e. Kitab At Syifa’ karya Qadhi ‘Iyadh. Kitab ini
oleh al Syazili dipergunakan untuk mengambil berkah dan juga mengambil sumber
syarah-syarah dengan melihat tasawuf dari sudut pandang ahli fiqh.
f. Kitab Ar Risalah karya Imam Qusyairi. Kitab
ini dipergunakan oleh Al Syazili sebagai permulaan dari dalam pengajaran
tasawufnya.
g. Kitab Ar Muharrar al Wajiz. Karya Ibnu
Athiah. Kitab ini diuraikan oleh Syazili untuk melengkapi pengetahuan dalam
pengajian.
3.Tasawuf
adalah latihan-latihan jiwa dalam rangka beribadah dan menempatkan sesuai
dengan ketentuan-ketentuan Ilahi.
Wafatnya Al
Syazili.
Beliau meninggal
dunia di Iskadariyah pada tahun 656 H.
===================================================
DOA HIZIB NASHR
Pendahuluan :
Sebelum membaca Hizib Nashr, hendaknya
membaca bacaan berikut ini :
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ. تَحَصَّنْتُ بِذِى الْمُلْكِ وَالْمَلَكُوتِ, وَاعْتَصَمْتُ بِذِى
الْعِزَّةِ وَالْجَبَرُوتِ, وتَوَكَّلْتُ عَلَى الْمُلْكِ الْحَيِّ الْقَيُّومِ
الحَلِيْمِ الَّذِى لاَ يَنَامُ وَلاَ يَمُوتُ, دَخَلْتُ فِى حِرْزِ اللهِ,
دَخَلْتُ فِى حِفظِ اللهِ, وَ دَخَلْتُ فِى أَمَانِ اللهِ, بِحَقِّ كهيعص كُفِيْتُ,
وبحمعسق حُمِيْتُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ العَلِيِّ
العَظِيْمِ.
Tahash-shantu
bidzil mulki walmalakuut, wa’ta-shamtu bidzil ‘izzati wal jabaruut,
watawakkaltu ‘alal malikil hayyil qayyuumil haliimil ladzii laa yanaamu walaa
yamuut, dakhaltu fii hirzillaah, dakhaltu fii hifzhillaah, wa dakhaltu fii
amaa-nillaah, bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin shaad kufiitu, wabi haa miim ‘aiin
siin qaaf humiitu, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.
“Dengan menyebut asma’ Allah
Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Aku berbenteng kepada Tuhan Yang
memiliki kerajaan dan kekua-saan; aku berpegangn teguh pada Yang memiliki
kemuliaan dan kekuasaan; aku bertakawakkal kepada Sang Raja Yang Hidup Abadi
lagi Terus Menerus mengurus makhluk-Nya, Yang Maha Penyantun, Yang tak pernah
tidur dan tidak mengenal mati. Aku masuk kedalam penjagaan Allah. Aku masuk
kedalam Pemeliharaan Allah. Aku masuk kedalam Penga-manan Allah. Berkat
kebenaran kaaf haa yaa ‘aiin shaad aku
dijaga dan berkat haa miim ‘aiin siin
qaaf akudilindungi. Tiada daya dan tiada
kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
BACAAN HIZIB NASHR :
وَقَالَ مُوسَى إِنِّي عُذْتُ
بِرَبِّي وَرَبِّكُمْ مِنْ كُلِّ مُتَكَبِّرٍ لاَ يُؤْمِنُ بِيَوْمِ الْحِسَابِ.
اللّهُمَّ بِسَطْوَةِ جَبَرُوتِ قَهْرِكَ, وَبِسُرْعَةِ إغَاثَةِ نَصْرِكَ,
وَبِغَيْرَتِكَ ِلانْتِهَاكِ حُرْمَاتِكَ,
وَبِحِمَايَتِكَ لِمَنِ احْتَمَى بِآيَاتِكَ, نَسْئَلُكَ يَا أللهُ يَا أللهُ يَا
أللهُ يَا سَمِيْعُ يَاقَرِيْبُ
يَامُجِيْبُ يَاسَرِيْعُ, يَامُنْتَقِمُ
يَاقَهَّارُ, يَاشَدِيْدَ الْبَطْشِ يَاجَبَّارُ, يَاعَظِيْمَ الْقَهْرِ, يَامَنْ
لاَيُعْجِزُهُ قَهْرُالجَبَابِرَةِ, وَلاَ
يَعْظُمُ عَلَيْهِ هَلاَكُ الْمُتَمَرِّدَةِ, مِنَ الْمُلُوْكِ وَاْلأَكَاسِرَةِ,
وَاْلأَعْدَاءِ الْفَاجِرَةِ, أَسْئَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ
كَيْدَ مَنْ كاَدَنَا فِى نَحْرِهِ, وَمَكْرَ مَنْ مَكَرَ بِنَا عَائِدًا
عَلَيْهِ, وَحُفْرَةَ مَنْ حَفَرَلَنَا
حُفْرَةً وَاقِعًا فِيْهَا, وَمَنْ
نَصَبَ لَنَا شَبَكَةَ الْخِدَاعِ, اِجْعَلْهُ يَاسَيِّدِى مُسَاقًا
إِلَيْهَا, وَمُصَادًا فِيْهَا وَأَسِيْرًا لَدَيْهَا.
Waqaala
muusaa innii ‘udztu birabbii warab-bikum min kulli mutakabbirin laa yukminu
biyaumil hisaab. Alloohumma bisathwati jaba-ruuti qahrik, wabisur’ati
ighaa-tsati nashrik, wabighairatika lintihaaki hurumaa-tik, wabihi-maayatika
limanih-tamaa bi aayaatik, nas-aluka yaa Allooh, yaa Allooh, yaa Allooh, yaa
samii’u yaa qariibu yaa mujiibu yaa sarii’u yaa muntaqimu yaa qahhaar, yaa
syadiidal bathsyi yaa jabbaar, yaa ‘azhiimal qahri yaa man laa yu’jizuhuu
qahrul jabaabirah, walaa ya’zhumu ‘alaihi halaakul mutamarridah, minal muluuki
wal akaasirah, wal a’daa-il faajirah. As-aluka antaj’ala kaida man kaadanaa fii
nahrih, wa makra man makara binaa ‘aa-idan ‘alaiih, wahufrata man hafara lanaa
hufratan waaqi’an fiihaa, waman nashaba lanaa syabakatal khi-dzaa’, ij’al-hu
yaa sayyidii musaaqan ilaihaa, wamushaadan fiihaa wa asiiran ladaihaa.
“Dan Musa berkata:
"Sesungguhnya aku berlindung kepada Tuhanku dan Tuhanmu dari setiap orang
yang menyombongkan diri yang tidak beriman kepada hari berhisab". (QS
al-Mukmin : 27).
Yaa Allah! Ddengan
perantaraan kekuatan kekua-saan penaklukan-Mu; dengan perantaraan kece-patan
datangnya pertolongan-Mu; dengan peranta-raan kecemburuan-Mu bagi pelanggaran
terhadap larangan-larangan-Mu; dengan perantaraan perlin-dungan-Mu terhadap
orang yang memohon perlindungan dengan ayat-ayat-Mu, kami memohon kepada-Mu, Ya
Allah, Ya Allah, Ya Allah, Yaa Sami’ (Wahai Yang Maha Mendengar), Ya Qariib
(Maha Dekat), Ya Mujib (Pengabul doa), Ya Sari’ (Maha Cepat), Ya Muntaqimu
(Penuntut Balas), ya Qahhar (Maha Perkasa), wahai Yang Keras siksaan-Nya, wahai
Maha Kuasa, wahai Yang Agung penundukan-Nya, wahai Dzat Yang penaklukan para
penguasa tidak mampu melumpuhkan-Nya dan tidak sulit atas-Nya menghancurkan
orang yang durhaka dari kalangan para raja, kaisar dan musuh yang kurangajar.
Aku memohon kepada-Mu, kiranya Engkau jadikan persekongkolan orang yang
bermaksud jahat kepada kami mengakibatkan ia terbantai sendiri, (jadikan)
kemakaran orang yang makar kepada kami kembali kepada dirinya, (Jadikan) galian orang yang menggali lubang
untuk kami membuatnya jatuh sendiri kedalamnya. Dan orang yang memasang jaring
tipuan kepada kami, jadikan ia, wahai Tuhanku,
terjerumus kedalamnya, binasa didalamnya dan menjadi tawanannya.
اللَّهُمَّ بِحَقِّ كهيعص
كهيعص كهيعص إِكْفِنَا هَمَّ الْعِدَا, وَلَقِّهِمُ الرَّدَى, وَاجْعَلْهُمْ
لِكُلِّ حَبِيْبٍ فِدَا, وَسَلِّطْ عَلَيْهِمْ عَاجِلَ النِّقْمَةِ فِى الْيَوْمِ
وَاْلغَدَا,
Alloohumma
bihaqqi kaaf haa yaa ‘aiin shaad, kaaf haa yaa ‘aiin shaad, kaaf haa yaa ‘aiin
shaad, ikfinaa hammal ‘idaa, walaqqihimur-radaa, waj’alhum likulli habiibin
fidaa, wasallith ‘alaihim ‘aajilan-niqmati fil yaumi wal ghadaa.
Ya Allah! Berkat
kebenaran Kaaf haa yaa ‘aiin shad (3x) tolonglah kami dari maksud/rencana
musuh. Lemparkan mereka kedalam kebinasaan. Jadikan mereka sebagai korban bagi
setiap orang yang dicintainya. Kuasakan atas mereka segera menda-patkan balasan
pada hari ini dan esok.
اللّهُمَّ بَدِّدْ شَمْلَهُمْ
وَفَرِّقْ جَمْعَهُمْ, اللّهُمَّ أَقْلِلْ عَدَدَهُمْ, اللّهُمَّ فُلَّ حَدَّهُمْ,
اللّهُمَّ أجْعَلِ الدَّائِرَةِ عَلَيْهِمْ, اللّهُمَّ أَرْسِلِ الْعَذَابَ
إِلَيْهِمْ,
Alloohumma
baddid syamlahum wafarriq jam’a-hum. Alloohumma aqlil ‘adadahum. Alloohumma
fulla haddahum. Alloohummaj’alid-daa-irata ‘alai-him. Alloohumma arsilil
‘adzaaba ilaihim.
Ya Allah! Cerai
beraikan persatuan mereka dan pisah-pisahkan jamaah/organisasi mereka. Ya
Allah! Sedikitkan jumlah mereka. Ya Allah! Buatlah batas-batas (barisan) mereka
menjadi kocar kacir. Ya Allah! Jadikan lingkaran/melapetaka atas mereka. Ya
Allah! Turunkan azab siksaan kepada mereka.
اللَّهُمَّ أَخْرِجْهُمْ عَنْ
دَائِرَةِ الْحِلْمِ وَاللُّطْفِ, وَاَسْلُبْهُمْ مَدَدَ اْلإِمْهَالِ, وَغُلَّ
أَيْدِيَهُمْ إِلَى أَعْنَاقِهِمْ, وَارْبُطْ عَلَى قُلُوبِهِمْ, وَلاَ
تُبَلِّغْهُمُ اْلآمَالَ,
Alloohumma
akhrijhum ‘an daa-iratil hilmi walluthfi, waslubhum madadal imhaali, waghulla
aidiyahum ilaa a’naaqihim, warbuth ‘alaa qu-luubihim, walaa tuballighhumul
aamaal.
Ya Allah!Usirlah
mereka dari kawasan sifat Penyantun dan Kelamahlembutan-Mu. Rampaslah dari
mereka bantuan keramahan. Kuncilah tangan-tangan mereka pada leher-lehernya dan
ikatlah pada hati-hati mereka, serta jangan sampaikan/sukseskan angan-angan
mereka.
اللَّهُمَّ قَلِّبْ تَدْبِيْرَهُمْ, وَقَرِّر تَدْمِيْرَهُمْ, وَاقْطَعْ دَابِرَهُمْ, وَخُذْهُمْ أَخْذَ عَزِيْزٍ مُقْتَدِرٍ,
Alloohumma
qallib tadbiirahum, waqarrir tadmii-rahum, waqtha’ daabirahum, wakhudz-hum
akh-dza ‘aziizin muqtadir.
Ya Allah! Ubahlah
langkah mereka, tentukan penghancuran terhadap mereka, berantaslah mereka, dan siksalah mereka dengan siksaan
yang sangat pedih.
اللّهُمَّ مَزِّقْهُمْ كُلَّ
مُمَزَّقٍ مَزَّقْتَهُ لأَعْدَائِكَ, إِنْتِصَارًا ِلأَنْبِيَائِكَ وَرُسُلِكَ
وَأَوْلِيَائِكَ,
Alloohumma
mazziqhum kulla mumazzaqin mazzaqtahuu li-a’daa-ika, intishaaran li-anbiyaa-ika
warusulika wa auliyaa-ika.
Ya Allah!
Cabik-cabiklah mereka, sebagaimana Engkau mencabik-cabik para muruh-Mu untuk
membantu para Nabi, Rasul dan auliya’-Mu.
اَللَّهُمَّ انْتَصِرْلَنَا
اِنْتِصَارَكَ ِلأَحْبَابِكَ عَلَى
أَعْدَائِكَ (3×).
Alloohummantashir
lanantishaaraka li-ahbaabi ka ‘alaa a’daa-ika (Dibaca 3 x).
Ya Allah!
Menangkanlah kami, seperti kemenangan yang Engkau berikan kepada para
kekasih-Mu.
اللَّهُمَّ لاَ تُمَكِّنِ
اْلأَعْدَاءَ فِيْنَا وَلاَمِنَّا, وَلاَ تُسَلِّطْهُمْ عَلَيْنَا بِذُنُوبِنَا
(3×),
Alloohumma
laa tumakkinil a’daa-a fiinaa walaa minnaa, walaa tusallith-hum ‘alainaa
bidzunuu-binaa (Dibaca 3 x).
Ya Allah! Jangan
Engkau kokohkan para musuh pada kami dan dari kami dan jangan Engkau berikan
kekuasaan pada mereka untuk menguasai kami disebabkan dosa-dosa kami.
حم حم حم حم حم حم حم. حُمَّ
اْلأَمْرُ وَجَاءَ النَّصْرُ فَعَلَيْنَا لاَ يُنْصَرُونَ (7×).
Haamiim,
Haamiim, Haamiim, Haamiim, Haa-miim, Haa miim, Haa miim. Hummal-amru wa jaa-annashru fa’alainaa laa
yunsharuun (7x).
Haa miim (7x).
Telah ditakdirkan suatu urusan dan telah datang pertolongan, sehingga mereka
tidak mampu mengalahkan kami.
حمعسق حِمَايَتُنَا مِمَّا
نَخَافُ, اَللَّهُمَّ بِحَقِّ طَهَ وَقَافِ, وَسُورَةِ اْلأَحْقَافِ, بِلُطْفِكَ
يَاخَفِيَّ اْلأَلْطَافِ, نَجِّنَا مِمَّا نَخَافُ,
Haa
miim ‘aiin siin qaaf himaayatunaa mimmaa nakhaafu. Alloohumma bihaqqi thaahaa
wa qaaf wa suuratil-ahqaaf, biluthfika yaa khafiyyal al-thaaf, najjinaa mimmaa
nakhaaf.
Haa miim ‘aiib siin
qaaf adalah perlindungan kami dari apa saja yang kami takuti. Ya Allah! Berkat
Thaha, Qaf dan surat al-Ahqaf, berkat kelemah-lembutan-Mu, wahai Yang Samar
kelemah lembutannya, Selamatkan kami dari apa saja yang kami takuti.
اللّهُمَّ قنِاَ شَرَّ
اْلأَسْوَى, وَلاَ تَجْعَلْنَا مَحَلاًّ لِلْبَلْوَى, اللّهُمَّ أَعْطِنَا أَمَلَ
الرَّجَاءِ وَ فَوْقَ اْلأَمَلِ,
Alloohumma
qinaa syarral aswaa, walaa taj’a-lnaa mahallan lilbalwaa. Alloohumma a’thinaa
amalar-rajaa-i wafauqal amal.
Ya Allah Lindungi
kami dari kejahatan yang paling buruk dan jangan Engkau jadikan kami sebagai
tempat sasaran balak-bencana. Ya Allah! Anugerahilah kami pengharapan dan di
atas harapan.
يَاهُوَ يَاهُوَ يَاهُوَ,
يَامَنْ بِفَضْلِهِ لِفَضْلِهِ نَسْئَلُكَ, إِلَهِى الْعَجَلَ الْعَجَلَ
الْعَجَلَ, إِلَهِى اْلإِجَابَةَ
اْلإِجَابَةَ اْلإِجَابَةَ,
Yaa
huu, Yaa huu, Yaa huu, Yaa man bifadhlihii lifadhlihii nas-al, ilaahil’ajalal
‘ajal, ilaahil ijaabatal ijaabatal ijaabah.
Wahai Dia, wahai
Dia, wahai Dia! Wahai Dzat yang dengan kelebihan-Nya bagi kelebihan-Nya, kami
memohon, wahai Tuhanku, segera (kabulkan), segera (kabulkan), segera
(kabulkan). Tuhanku, semoga terkabul, semoga terkabul, semoga terkabul.
يَامَنْ أَجَابَ نُوحًا فِى
قَوْمِهِ, يَامَنْ نَصَرَ إِبْرَاهِيْمَ عَلَى أَعْدَائِهِ, يَامَنْ رَدَّ يُوسُفَ
عَلَى يَعْقُوبَ, يَامَنْ كَشَفَ الضُّرَّ عَنْ أَيُّوبَ, يَامَنْ أَجَابَ
دَعْوَةَ زَكَرِيَّا, يَامَنْ قَبِلَ تَسْبِيْحَ يُونُسَ ابْنِ مَتَّى,
Yaa
man ajaaba nuuhan fii qaumih. Yaa man nashara Ibraahiima ‘alaa a’daa-ih. Yaa
man radda yuusufa ‘alaa ya’quub. Yaa man kasyafadh-dhurru ‘an ayyuub. Yaa man
ajaaba da’wata zakariyyaa. Yaa man qabila tasbiiha yuunusabni matta.
Wahai Dzat Yang
mengabulkan doa Nabi Nuh dalam masalah kaummnya. Wahai Tuhan Yang menolong Nabi
Ibrahim atas para musuhnya. Wahai Tuhan Yang mengembalikan Nabi Yusuf kedalam
pangkuan Nabi Ya’qub. Wahai Tuhan Yang menghilangkan penderitaan (bahaya) dari
Nabi Ayyub. Wahai Tuhan Yang mengabulkan doa Nabi Zakariyya. Wahai Tuhan Yang
menerima tasbihnya Nabi Yunus bin Matta.
نَسْئَلُكَ اللَّهُمَّ
بِأَسْرَارِ أَصْحَابِ هَذِهِ الدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَاتِ, أَنْ تَتَقَبَّلَ
مِنَّا مَابِهِ دَعَوْنَا, وَأَنْ تَعْطِيَنَا مَاسَأَلْنَاكَ, أَنْجِزْ لَنَا
وَعْدَكَ الَّذِى وَعَدْتَهُ لِعِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ, بِالنَّصْرِ وَالظَّفَرِ
وَالْفَتْحِ الْمُبِيْنَ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتَ
مِنَ الظَّالِمِيْنَ,
Nas-alukalloohumma
bi-asraari ashhaabi haadzihid-da’awaatil musta-jaabaat, an tataqab-bala minnaa
maa bihii da’aunaaka, wa an tu’thiyanaa maa sa-alnaaka, anjiz lanaa
wa’dakalladzii wa’adtahuu li’ibaa-dikas-shaali-hiin, binnashri wazh-zhafari
walfat-hil mubiin. Laa ilaaha illaa anta sub-haanaka innii kuntu
minazh-zhaalimiin.
Kami memohon kepada
Engkau, Ya Allah, dengan perantaraan berbagai rahasia para pendoa yang terkabul
tersebut, kiranya Engkau menerima dari kami apa saja yang kami mintakan
kepada-Mu dan kiranya Engkau memberikan kepada kami apa saja yang kami mohonkan
kepada-Mu. Wujudkan untuk kami janji-Mu yang telah Engkau janjikan kepada para
hamba-Mu yang shalih, janji berupa bantuan, pertolongan dan kemenangan yang
gemilang. Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Aku sungguh termasuk
golongan orang-orang yang zhalim.
إِنْقَطَعَتْ آمَالُنَا
وَعِزَّتِكَ إلاَّ مِنْكَ, وَخَابَ رَجَاؤُنَا وَحَقِّكَ إلاَّ فِيْكَ (3×)
Inqatha’at
aamaalunaa wa’izzatika illaa minka, wakhaaba rajaa-unaa wahaqqika illaa fiika
(3 x).
Terputus
angan-angan kami, Demi Kemuliaan-Mu, selain yang berasal dari-Mu. Gagal harapan
kami, Demi Hak-Mu, selain yang ada pada-Mu.
إِنْ أَبْطَأَتْ غَارَةَ اْلأَرْحَامِ
وَابْتَعَدَتْ *
فَأَقْرَبُ الشَّيْئِ مِنَّاغـَارَةُ الَّلهِ
In
abtha-at ghaaratul arhaami wabta’adat * Fa-aqrabus-syai-i minna ghaaratullooh
Jika terlambat dan
menjadi jauh pasukan kerabat, maka sesuatu yang paling dekat dari kami adalah
pasukan Allah.
يَاغَارَةَ اللهِ جِدِّى
السَيْرَ مُسْرِعـَةً *
فىِ حَلِّ عُقْدَتِنَا يَاغَـارَةَ اللهِ
عَدَتِ الْعَـادُونَ
وَجـــَارُوا *
وَرَجــَوْنَا اللهَ مُجِــيْرًا
وَكَــــفَى بِاللهِ
وَلِـــيًّا *
وَكَـــفَى بِاللهِ نَصِـيْرًا
Yaa
ghaaratalloohi jiddis-saira musri’atan * Fii halli ‘uqdatinaa yaa
ghaaratallooh.
‘Adatil
‘aaduuna wajaaruu * Warajaunallooha mujiiraa.
Wakafaa
billaahi waliyyaa * Wakafaa billaahi nashiiraa.
Wahai Pasukan
Allah, bergegas-gegaslah bergerak secara cepat, didalam mengurai tali simpul
kami, wahai pasukan Allah
Telah kembali dan
berlari orang-orang yang kembali, dan kami berharap kepada Allah sebagai orang
yang lari.
Cukuplah Allah
sebagai Pelindungku. Dan cukup Allah sebagai Penolongku.
يَاوَاحِدُ يَاعَلِىُّ
يَاحَلِيْمُ, وَحَسْبُنَا الَّلهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ, وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ
إِلاَّ بِالَّلهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ, سَلاَمٌ عَلَى نُوحٍ فِى الْعَالَمِيْنَ,
إِسْتَجِبْ لَنَا آمِيْن آمِيْن آمِيْن.
Yaa
waahidu yaa ‘aliyyu yaa haliimu, hasbunalloohu wani’mal wakiil. Walaa haula
walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim. Salaamun ‘alaa nuhin fil
‘aalamiin. Istajib lanaa aamiin aamiin aamiin.
Wahai
Yang Maha Esa, wahai Yang Maha Tinggi, wahai Yang Maha Penyantun! Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan
Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan
dengan pertolongan Allah. Salam sejahtera atas Nabi Nuh di alam semesta.
Kabulkan doa kami. Amin. Amin. Amin
فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ
الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. وَصَلىَّ اللَّهُ عَلىَ
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ سَيِّدِ
الْمُرْسَلِيْنَ, وَعَلَىآلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ.
Faquthi’a
daabiral qaumilladziina zhalamuu fa-ashbahuu laa yuraa illaa masaakinuhum,
walham-dulillaahi rabbil ‘aalamiin. Wa shallalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin
sayyidil mursaliin, wa’alaa aalihii washahbihii ajma’iin.
Maka orang-orang
yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Sehingga jadilah mereka
tidak diperlihatkan selain tempat-tempat tinggal mereka Segala puji bagi Allah,
Tuhan semesta alam.
Semoga Allah
melimpahkan rahma ta’zhim kepada junjungan kami, Muhammad yang menjadi penghulu
para Rasul, beserta keluarga dan sahabatnya seluruhnya.
اللّهُمَّ أَنْتَ تَعْلَمُ
أَعْدَائَنَا عَدَدًا, فَبَدِّدْ شَمْلَهُمْ بِدَدًا, وَلاَ تُبْقِ مِنْهُمْ
أَحَدًا, إِنَّكَ أَنْتَ الْبَاقِى سَرْمَدًا.
Alloohumma
anta ta’lamu a’daa-anaa ‘adadaa, fabaddid syamlahum bidadaa, wala tubqi minhum
ahadaa, innaka antal baaqii sarmadaa.
Ya Allah! Engkau
mengetahui pusuh-musuh kami berbilang-bilang, cerai beraikan persatuan mereka
dengan sungguh-sungguh dan jangan Engkau sisakan dari mereka seorang pun,
karena Engkau adalah Dzat Yang Maha Kekal abadi.
وَمَكَرُوا مَكْرًا
وَمَكَرْنَا مَكْرًا وَهُمْ لاَ يَشْعُرُونَ. فَانْظُرْ كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ
مَكْرِهِمْ أَنَّا دَمَّرْنَاهُمْ وَقَوْمَهُمْ أَجْمَعِينَ. فَتِلْكَ بُيُوتُهُمْ
خَاوِيَةً بِمَا ظَلَمُوا.
Wamakaruu
makran wamakarnaa makran wa hum laa yasy’uruun. Fanzhur kaifa kaana ‘aaqi-batu
makrihim annaa dammarnaahum wa qauma-hum ajma’iin. Fatilka buyuutuhum
khaawiyatan bimaa zhalamuu.
Dan merekapun
merencanakan makar dengan sungguh-sungguh dan Kami merencanakan makar (pula),
sedang mereka tidak menyadari. Maka perhatikanlah betapa sesungguhnya akibat
makar mereka itu, bahwasanya Kami membinasakan mereka dan kaum mereka semuanya.
Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman
mereka. (QS an-Naml : 50).
تُدَمِّرُ كُلَّ شَيْءٍ
بِأَمْرِ رَبِّهَا فَأَصْبَحُوا لاَ يُرَى إِلَّا مَسَاكِنُهُمْ .
Tudammiru
kulla syai-in bi-amrirabbihaa fa-ashbahuu laa yuraa illaa masaakinuhum.
Yang menghancurkan
segala sesuatu dengan perintah Tuhannya, maka jadilah mereka tidak ada yang
kelihatan lagi kecuali (bekas-bekas) tempat tinggal mereka. (QS al-Ahqaf : 25).
فَهَلْ تَرَى لَهُمْ مِنْ
بَاقِيَةٍ. وَهِيَ خَاوِيَةٌ عَلَى عُرُوشِهَا. فَقُطِعَ دَابِرُ الْقَوْمِ
الَّذِينَ ظَلَمُوا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.
Fahal
taraa lahum min baaqiyah. Wahiya khaawiyatun ‘alaa ‘uruu-syihaa. Faquthi’a
daabirul qaumilladziina zhalamuu walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.
Maka kamu tidak
melihat seorangpun yang tinggal di antara mereka. (QS al-Haaqqah : 8).
Maka orang-orang
yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji bagi Allah,
Tuhan semesta alam. (QS al-An’am : 45).
PENJELASAN :
Hizib di atas dibaca sekali atau tiga
kali setelah sebelumnya didahului membaca hasbanah: Hasbunalloohu wa ni’mal
wakiil sebanyak 450 x.
Jika menghadapi problem atau masalah
yang serius, penting dan mendesak, Hizib di atas dapat dibaca sampai 41 kali,
setelah sebelumnya membaca Hasbanah sepeerti di atas.
Demikian pula sewaktu menghadapi persoalan
dan urusan sangat penting, serius dan mendesk, bacalah Hasbanah 100x,
lalu membaca hizib Nashr 3x, lalu membaca Hasbanah lagi 100 x, diteruskan
bacaan hizib 3 x. Begitu seterusnya sampai Hasbanah dibaca sebanyak 1000 x dan Hizib menjapai jumlah 30
x.
Sebelum mengamalkan hizib ini,
hendaknya didahului dengan bacaan : 1) Istighfar, 2) Shalawat Nabi
________________________________
*) Teks Doa diambil dari kitab asli berbahasa arab : "Khulashoh Syawariq al-Anwar" (KSA), tulisan Prof. DR. Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani
Tidak ada komentar:
Posting Komentar